Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN UIN Suska Riau Goro Bersihkan Taman di Kelurahan Bagan Besar 

Senin, 24 Juli 2023 - 19:26:36 WIB
Share Tweet Google +

Dumai, Catatanriau.com | Senin, (24/07/2023). Giat Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata dari Kampus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, Pekanbaru dikelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai sepertinya memang sudah dipersiapkan secara matang. Dalam rangka meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan, Mahasiswa KKN UIN Suska bersama aparat pemerintah kelurahan melakukan kegiatan gotong royong membersihkan taman kelurahan yang berada disekitar komplek Pemerihana Kelurahan Bagan Besar.

Muhammad Avicenna, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Mahasiswa KKN UIN Suska Riau menyampaikan bahwa semangat untuk peduli akan lingkungan memang harus tetap terjaga dan harus selalu dilestarikan dalam diri kita. Kegiatan peduli lingkungan menjadi salah satu fokus dalam agenda program kerja dari kami Mahasiswa KKN UIN Suska Riau. Alhamdulillah hari ini kami mencoba memulai aksi membersihkan dan menata Taman-taman yang ada di Lingkungan Komplek Perkantoran Kelurahan Bagan Besar. Taman kelurahan ini sungguh indah, pepohonan yang tumbuh sungguh rindang ditambah dengan banyak bunga yang ditanam secara estetik. Tentu kebersihannya harus kita jaga. Saya yakin banyak masyarakat yang bisa memanfaatkan taman kelurahan ini untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif dan produktif.

Bahan-bahan organik dari taman ini sangat banyak, sayang kalau hanya dibuang begitu saja. Mungkin kedepan kita akan coba agendakan untuk merekomendasikan serasah dedaunan dan bahan organik lain agar bisa diolah menjadi kompos untuk keperluan penghijauan di kelurahan. Hasil olahan bahan organik ini juga bisa dijadikan sebagai pupuk dasar bagi warga dalam membuat kebun ketahanan pangan mandiri. Lingkungan terjaga, masyarakat juga terbantu dalam menyediakan sayuran dan bahan pangan yang sehat secara mandiri dihalaman pekarangan miliknya.

Isman Shakty Siregar, SH, Ketua LPMK Kelurahan Bagan Besar menanggapi positif aksi peduli lingkungan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UIN Suska Riau di Kelurahan Bagan Besar. Peduli Lingkungan itu tidak semata-mata hanya untuk bergotong royong membersihkan sesuatu dilingkungan saja. Aksi Peduli Lingkungan juga harus menitik beratkan kepedulian masyarakat untuk mau berkontribusi dalam membangun bangsa, khususnya kelurahan. Secara pribadi saya berharap dengan hadirnya Mahasiswa KKN UIN Suska di Kelurahan Bagan Besar ini juga bisa merangkul pemuda pemudi di kelurahan Bagan Besar agar bisa ikut mengambil peran penting dalam membangun bangsa. Membangun Indonesia dari desa dan kelurahan. Semua pasti ada jalan Nya jika niat baik tersebut disalurkan dengan cara yang tepat.(rls/red).



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex